Pohon dengan kualitas sempurna disebut Trembesi

Entah bagaimana, saya tiba-tiba jatuh cinta pada pohon Trembesi sejak saya baru-baru ini mengikuti kampanye penanaman pohon oleh sebuah perusahaan rokok yang berbasis di Kudus di bagian tengah Jawa. Saya langsung menyatakan bahwa ada istilah yang layak diberikan sebagai pohon dengan karerreristik yang sempurna.

Pohon ini, dengan nama Latin Albizia Saman atau Samanea Saman, berasal dari Amerika Selatan dan saat ini tersebar luas di negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Pohon Trembesi atau yang biasa disebut pohon hujan, memiliki, antara lain, bentuk dan fitur berikut:

1. Payung berbentuk dengan daun yang hanya tumbuh di ujung cabang, sehingga pohon ini cocok untuk bayangan di kebun atau di beranda.
2. Kapasitas penyerapan akar dan air yang kuat dibandingkan dengan pohon-pohon lain di atas rata-rata untuk penanaman di daerah longsor.
3. Daun trembesi memiliki kapasitas penyerapan karbon dioksida (CO2) yang lebih tinggi daripada pohon lain dan bagus untuk ditanam di pinggir jalan untuk mengurangi efek negatif dari polusi udara.
4. Secara umum, pohon ini akan memiliki ketinggian maksimum ´┐Ż 25 meter dan diameter 1,5 hingga 2 meter dan dapat bertahan hingga 200 tahun dan pada ketinggian antara 0 dan 3800 m dpl. Pohon itu, dijuluki Ki Rain, dapat tumbuh di sepanjang pantai ke puncak gunung.

Namun, ia memiliki nasib buruk yang besar. Ternyata di balik superioritasnya yang sering dipuji juga merupakan kelemahan besar. Pohon trembesi adalah tanaman yang paling agresif dan invasif yang dapat menghambat pertumbuhan spesies lain di bawahnya. Terutama jika Anda ingin menanam tanaman kebun di dekatnya, pertumbuhan pasti akan terpengaruh jika Anda memiliki tanaman Trembesi di dekatnya. Sifat serakah untuk air dan akarnya kuat, dangkal dan tersebar luas (permukaan tanah). Ini juga dapat merusak fondasi bangunan dan bahkan jalan. Oleh karena itu, penanaman pohon Trembesi lebih tepat dan efektif, karena reboisasi hutan, taman dan ruang terbuka perkotaan relatif besar dan sangat tidak tepat ketika ditanam sebagai tanaman bayangan di jalan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman / pohon trembesi adalah salah satu saksi sejarah perjuangan Indonesia. kayu suar tercermin dari usia pohon Trembesi yang relatif panjang, yang bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Juga di Istana Negara adalah 2 pohon Trembesi, yang ditanam oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Bapak Soekarno.

Keuntungan dari pohon Trembesi ini adalah ia memiliki kanopi yang besar dan daun yang tebal, sehingga ia dapat menyerap air secara maksimal. Diyakini bahwa pohon ini juga dapat membantu mengatasi polusi udara, terutama di kota-kota besar, dan ancaman pemanasan global.

Batang pohon trembesi sering digunakan sebagai bahan bangunan. Biji trembesi dapat disiapkan selain camilan (seperti Kwaci) yang cocok sebagai obat pencahar untuk produksi air panas. Daunnya juga banyak digunakan dalam pengobatan penyakit kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *