Arung Jeram Pangalengan: Serunya Arung Jeram di Sungai Palayangan

Sungai palayangan adalah sungai yang berada di sekitar wilayah Danau Situ Cileunca hingga Hutan Pinus Rahong. Terletak di Desa Wanasari Kec. Pangalengan Bandung Selatan, berjarak sekitar 45 km dari Daerah Kota Bandung. arung jeram pangalengan karena tempatnya yang sejuk dan cocok untuk berlibur bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan mencari udara segar di daerah pegunungan, sungai Palayangan cukup terkenal karena Arung Jeramnya.

Sungai ini memiliki lintasan pengarungan kurang lebih sepanjang 5km yang ditempuh dalam waktu 2 jam pengarungan. Dimulai dari situ cileunca yang memiliki panorama yang cukup memanjakan mata, sebelum pengarungan disini Anda bisa berlatih mendayung maju dan mundur, geser kiri dan kanan, dan boom.

Meskipun sepanjang pengarungan nanti Anda mungkin akan jarang mendayung karena derasnya aliran air. Namun, disela-sela pengarungan Anda akan sampai di sungai dengan bagian yang lebih lebar dan ada daratan di dalamnya, disini Anda bisa melakukan body rafting dengan melentangkan tubuh dan merasakan sensasi di seret arus yang tidak terlalu deras, dan untuk Anda yang suka foto-foto bisa sejenak mengabadikan momen disini.

Sungai palayangan memiliki lintasan yang menantang karena memliki tingkat kesulitan kelas 3 – 4 (Pada standar tingkat kesulitan 1 � 4) dengan lebar sungaiseitar 4 sampai 10 meter. tentunya sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan atau memiliki hobi olahraga ekstrim seperti arung jeram Pangalengan. Sungai palayangan memiliki berbagai jenis jeram yang memiliki nama yang unik, beberapa jeram yang terkenal seperti jeram domba yang memiliki drop yang cukup tinggi. Ada juga jeram blender dengan ketinggian 2 meter yang bisa memacu adrenalin.

Kelebiahan lain dari sungai palayangan ini yaitu debit airnya, setiap tahunnya memiliki debit air yang cukup stabil, sehingga Anda bisa arum jeram di musim apapun. Hal itu dikarenakan debit air sungai palayangan dikontrol melalui spillway di DAM di Situ Cileunca, danau buatan yang memeliki luas 14.000 m2. Jumlah air yang dialirkan ke sungai palayangan yaitu 5 m3 perdetik dalam kondisi normal, dan 7 m3 pada musim panas atau kemarau . Bahkan arung jeram di Sungai Palayangan ini relatif amana ketika dilakukan saat hujan deras.

Sungai palayangan tidak hanya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi yang sudah biasa berarum jeram, tapi untuk Anda para pemula sungai ini cukup aman, bahkan kerap dipakai oleh peserta kegiatan outbond. Selain itu, keindahan pemandangan di sekitar sungai palayangan memberikan daya tarik tersendiri untuk Anda yang ingin berlibur atau berwisata. Anda bisa juga bermalam disana untuk merasakan suasa pedesaan dengan udara yang cukup dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *