Bagaimana cara kerja motor generator

Saat ini, generator tidak asing dengan kehidupan kita, tetapi bagaimana cara kerja motor generator? Generator atau biasa disebut generator adalah perangkat yang terdiri dari motor (motor) dan generator / alternator. Generator adalah kumparan tembaga yang terdiri dari shredder (kumparan statis) dan rotor (kumparan berputar). Sedangkan generatornya adalah nama alternator. Mesin ini dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Pembangkit listrik ini menggunakan diesel atau bensin sebagai bahan bakar. Dalam generator, energi mekanik diubah menjadi listrik oleh proses induksi elektromagnetik. Sebelumnya, generator ini telah menerima energi mekanik dari mesin pertama. genset murah utama adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan energi mekanik, yang kemudian digunakan untuk memutar rotor generator. Di motor generator, generator dipasang dengan poros dengan mesin diesel.

Ketika motor generator bekerja berdasarkan fisika, motor (motor) memutar rotor dalam generator, menyebabkan medan magnet dalam koil generator. Setelah medan magnet ini memutar rotor, yang kemudian menghasilkan arus listrik.

Keuntungan lain dari generator adalah bahwa generator dapat digunakan sebagai mesin untuk menyimpan listrik atau cadangan offline. Jika listrik mati, generator akan bekerja selama 10 detik sehingga generator dapat menghasilkan daya selama 10 detik berikutnya untuk menyalakan lampu atau peralatan listrik lainnya. Jika generator memasok daya, generator ini didukung oleh AVR (Automatic Voltage Regulator).

Dalam AVR itu sendiri adalah MT (Mutual Reactor) yang dapat menghasilkan arus listrik berdasarkan jumlah arus beban yang mengalir melalui (dalam seri). MT (Mutual Reactor) adalah sejenis transformator CT (Current Transformer). Arus listrik yang dihasilkan digunakan untuk memperkuat medan magnet di rotor. Karena itu, untuk beban besar, daya yang dihasilkan harus besar.

Untuk menjaga stabilitas rotasi (momentum daya rotasi), hanya mengandalkan AVR saja tidak cukup. Oleh karena itu, generator juga dilengkapi dengan sistem kontrol untuk menjaga stabilitas kecepatan, sehingga frekuensi rotasi yang dihasilkan tetap stabil baik di bawah beban maupun beban. Untuk menstabilkan kecepatan, biasanya pasokan bahan bakar ke generator disesuaikan.


Ketika listrik dinyalakan kembali, sakelar pada generator akan secara otomatis menghidupkan catu daya dari generator ke PLN dan mematikan generator dalam 5 detik. Sakelar yang dapat secara otomatis mengalihkan catu daya dari generator ke PLN adalah ATS (Automatic Transfer Switch). Cara Mesin Generator Bekerja: Jika listrik padam, lampu akan tetap menyala tanpa Anda harus khawatir mengganggu aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *